Cegah dan Atasi Sembelit Pada Anak

Jika sembelit pada anak telah berlangsung lebih dari empat minggu, ada kemungkinan anak anak mengalami sembelit kronis. Bawa anak segera ke dokter.

Apa yang dapat dilakukan jika sudah terjadi sembelit?

  1. Tekuk kedua pahanya ke arah perut bagi bayi. Tindakan ini dilakukan untuk meningkatkan tekanan di dalam perut, sehingga menyebabkan kotoran / feses terdorong keluar.

  2. Lakukan pijatan untuk merangsang keinginan BAB pada bayi. Caranya, pijat bagian bawah pusar dengan lembut dan konstan selama kurang lebih tiga menit.

  3. Bagi anak yang sudah lebih besar, beri ia buah ataupun jus buah yang banyak mengandung serat.

  4. Bergegas pergi ke dokter jika Anda sudah mencoba segala macam cara namun tidak berhasil.

Apa yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya sembelit pada anak?

  1. Berikan ASI ekslusif selama enam bulan pada bayi. Jika Anda terpaksa memberikan susu formula pada bayi Anda, konsultasikan dahulu pada dokter - bagimana memilih susu formula yang tepat.

  2. Berikan makanan yang banyak mengandung serat sebagai makanan pendamping ASI atau makanan untuk anak yang lebih besar. Contoh: sereal, biji-bijian, sayur dan buah-buahan.

  3. Berikan cukup cairan (air putih. Dapat juga berupa jus, susu, atau kuah) minimal dua hingga tiga gelas sehari.

  4. Jika anak sudah dapat duduk sendiri, latihlah ia untuk BAB secara teratur. Mintalah ia untuk duduk di atas toilet minimal selama 10 menit pada waktu yang sama setiap harinya (lebih baik setelah makan).

(C) 2008, Kalbe Nutritionals. All rights reserved.