Puzzle Untuk Si Kecil

Puzzle Untuk Si Kecil

Puzzle merupakan permainan klasik. Dahulu, puzzle adalah produk import. Tapi sekarang, puzzle banyak bisa ditemukan dan tersedia dalam berbagai ragam bentuk dan warna.  Puzzle juga banyak muncul dengan berbagai gambar menarik, contohnya gambar pahlawan super, gambar putri-putri dari negeri dongeng, gambar binatang, gambar kartun, dan lainnya.

Bermain puzzle bermanfaat untuk mengasah berbagai keterampilan Si Kecil sebagaimana yang telah dikatakan oleh para ahli pengembangan. Puzzle membantu Si Kecil untuk belajar memecahkan masalah dan berpikir kreatif. Si Kecil dapat mencoba beberapa cara untuk memasang potongan puzzle. Puzzle juga dapat mengasah ketekunan anak dalam memecahkan masalah.

Saat jarinya memasangkan kepingan tipis puzzle yang terbuat dari karton atau lempengan kayu halus, puzzle akan membantu Si kecil untuk mengasah kemampuan motorik halus. Semakin ia terampil memasang kepingan-kepingan puzzle sesuai dengan bentuk tepian, maka semakin baik motoriknya. Memadukan kepingan puzzle membantu anak aktif mengembangkan kemampuan membuat kesimpulan dari suatu masalah, memahami logika sebab-akibat, dan menimbulkan gagasan bahwa objek utuh sebenarnya terdiri dari bagian-bagian kecil yangtersusun menjadi satu.

Kemampuan  Si Kecil bermain puzzle berkembang secara bertahap. Saat Si Kecil berumur dua tahun, ia tertarik menyusun puzzle yang bergambar hewan kesayangannya. Tentu saja, Si Kecil masih bermain dengan puzle yang terdiri atas potongan-potongan besar. Semakin hari, keterampilan dan kemampuan pemahaman Si Kecil semakin berkembang, sehingga ia mulai dapat menyelesaikan puzzle yang berjumlah lebih banyak dari sebelumnya. Bentuk potongan puzzlenya pun semakin kecil dan semakin rumit. Saat Si Kecil memasuki usia pra sekolah, ia menjadi makin piawai menyusun kepingan puzzle menjadi sebuah gambar besar utuh dengan detailnya.

(C) 2008, Kalbe Nutritionals. All rights reserved.